Cara Menambah Space Di Penyimpanan Internal Handphone Android

Hallo, Chief!
Seperti yang kita ketahui, Android itu selain buat maen COC, bisa juga bantuin kita ngelakuin hal lain, seperti; Maen games, maen sosmed, selfie, chating, ngirim email, dll.

Tapi sayangnya, semakin banyak konten dan aplikasi yang kita download, maka akan semakin berkurang juga tuh space penyimpanannya, alias penuh!

Dawndroid.com

Biasanya, hal tersebut sering mendatangkan masalah. Seperti; kinerja handphone jadi sedikit lemot, dan tentu saja kita tidak bisa mendownload aplikasi lagi atau tidak bisa merekam dan menyimpan video lagi karena penyimpanannya sudah penuh.

Nah, maka dari itu, Dawndroid punya beberapa tips sederhana nih untuk mengatasi hal tersebut. Silahkan disimak satu persatu.

1. Uninstal / Hapus Aplikasi yang jarang dipakai.


Hapus aplikasi apa saja yang jarang dipakai. Menghapus aplikasi yang sangat jarang dipakai mampu menambah space tambahan untuk penyimpanan kita. Untuk melakukanya, pergi ke menu Setting -> Manajer Aplikasi, atau Pengaturan Aplikasi. Cari aplikasi yang sering nganggur, lalu Hapus/ Uninstal.

2. Bersihkan file Cache


Membersihkan file cache sangat jarang dilakukan oleh orang-orang. Soalnya kebanyakan mereka tidak tau bagaimana caranya, bahkan ada juga yang tidak tau apa itu cache.

Baiklah, sebelumnya mau Dawndroid kasih tau aja nih ya buat yang belum tau apa itu cache.

Cache adalah sebutan untuk file temporari bawaan aplikasi yang kita download dan pakai. Ada juga yang bilang kalau cache ini semacam sampah, jadi harus rutin dibersihkan. Kalo ngga dibersihkan, lama-lama jadi banyak dan otomatis menuh-menuhin penyimpanan.

Well, maka dari itu, cache ini wajib dibersihkan. Cara membersihkannya mudah saja, pergi ke Setting - lalu pilih Aplication Manager / Manajer Aplikasi. Pilih salah satu aplikasi, lalu klik "Clear Cache". Beres. Lakukan hal yang sama pada aplikasi lain.

Tapi kalo nggak mau ribet, kalian bisa download aplikasi pembersih seperti Clean Master, dll.

3. Upload foto, video dan media ke penyimpanan online atau cloud.


Android jaman sekarang mampu menghasilkan foto dan video yang resolusinya tinggi. Dan kita tau bahwa foto atau video yang resolusinya tinggi itu ukurannya gede-gede banget! ini otomatis akan mengurangi space  penyimpanan internal kita. Daripada disimpen semua di hp kita, ada baiknya kita pindahin atau upload aja ke penyimpanan online seperti Google Drive, Google+ Photos, Dropbox, dll. Lumayan kan, nambahin space.

Istilahnya, penyimpanan Cloud. Contohnya Google+ Photos. Untuk mengaktifkan Google+ Photos, coba ke Menu - Photos - Auto Back Up. Semua file yang kamu upload kesana akan aman dan kamu bisa mengaksesnya dimana saja, lewat mana saja dan kapan saja memakai akun google kamu.

4. Memindahkan Media dan Aplikasi ke Kartu SD


Kalau cara memindahkan media (foto, video, lagu dll) dari internal ke kartu SD, Dawndroid yakin kalian semua sudah mengetahui caranya. Tinggal buka Penyimpanan Internal, lalu tandai satu persatu atau semua media, terus klik "move" atau "pindah". Pilih folder atau buat folder baru didalam penyimpanan Kartu SD. klik "pilih" maka file pun akan segera pindah dari Internal, menuju eksternal.

Nah, untuk mindahin aplikasi, caranya agak berbeda, tapi terbilang mudah. Masuklah ke Manager Aplikasi. Pilih salah satu aplikasi, disana akan ada pilihan "Move to SD Card". Tapi perlu diingat, tidak semua aplikasi bisa dipindahkan ke kartu SD ya.

Baiklah. Sekian dulu tips dari Dawndroid kali ini. Semoga bermanfaat ya!

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Cara Menambah Space Di Penyimpanan Internal Handphone Android"

Post a Comment