Meningkatkan Performa Galaxy S3 dengan Factory Reset

Factory Reset atau Hard Reset biasanya dilakukan ketika kita stuck tidak bisa membuka kunci karena lupa password atau lupa pola. Kitapun terpaksa melakukan Hard reset dengan resiko wajib, yaitu; semua data dan file kita hilang. Karena Handphone kita kembali seperti baru.

Tetapi melakukan hard reset atau factory reset secara rutin di Smartphone kita sangat mampu sekali meningkatkan performanya, lho. Karena dengan cara tersebut, semua file sampah dan beberapa bugs error yang bikin hp kita nge-lag dapat terhapus. Smartphone kita menjadi bersih lagi.

Tapi ada satu hal yang perlu dan wajib dilakukan sebelum melakukan Factory Reset, yaitu; Rutin melakukan back up data agar kita dapat memanggil kembali data kita setelah melakukan Factory Reset.

Nah, di artikel ini, Dawndroid akan membahas cara melakukan Factory atau Hard Reset pada Samsung Galaxy S3.

Kenapa Galaxy S3?

Karena pengoprasian factory reset nya agak berbeda dengan Android type lain. Dan...

Samsung Galaxy S3 bisa dibilang merupakan Smartphone tua namun masih banyak penggunanya karena performa dan spesifikasinya yang hampir stabil sebagai satu kesatuan gadget.



Pertama dan Wajib. Lakukan Back Up Secara Rutin.


Entah itu seminggu sekali atau sebulan sekali, pokoknya harus sering back up. Kamu bisa pakai Titanium back up dan selamatkan semua hal yang ingin diselamatkan biar nggak hilang dan bisa dipanggil lagi pake clockwordmod. File-file yang biasanya di back up adalah foto, video, music, kontak, aplikasi dll.

Melakukan Factory Reset di menu Setting / pengaturan.


Ini adalah cara cepat dan mudah, dan akan menghapus semua data di handphone kamu kecuali data kartu SIM dan kartu SD.

Me-reset itu nggak akan menghapus data di kartu SIM. Tapi kita kadang parno sehingga seringkali mencabut kartu SIM terlebih dahulu sebelum me-reset. Tapi nggak apa-apa juga sih, Sekalian cabut juga kartu SD biar tenang.

Lalu masuk ke menu Setting, pilih back up and reset terus tap factory data reset, lalu pilih reset device dan delete all. Beres.

Dawndroid


Cara ini bisa juga memakai kode rahasia yang udah kita bahas di artikel ini : Kumpulan Kode Rahasia Android.

Melakukan Hard Reset


Artinya melakukan reset dengan menggunakan kombinasi tombol. Dan tombol-tombol yang digunakan adalah; tekan dan tahan Volume Up, Home dan Tombol Power sampai terjadi getaran atau muncul layar galaxy, lalu lepas tombol power, hanya tombol power, dua tombol lainnya harus tetap ditekan sampai muncul layar Android Recovery Screen. Nah baru deh lepaskan semua tombol yang ditekan.

Menu Recovery Screen
Agak berbeda dengan android lain kan, ya?

Selanjutnya gunakan tombol volume untuk scroll, pilih wipe data/ factory reset, klik menggunakan tombol power, pilih Delete all user data dan klik lagi pakai tombol power. Galaxy S3 mu akan melakukan Reboot dan ketika terbangun, performanya akan terasa lebih halus dari sebelumnya, terasa seperti baru.

Jadi, melakukan hard reset atau factory reset itu sangatlah penting dalam hal perawatan android. Bukan hanya Galaxy S3, tapi berlaku untuk semua type Android.

Baiklah, apa pendapat kalian tetang factory reset ini, atau adakah cara lain yang tidak kami ketahui? Tolong bertahu kami di kolom komentar ya!

***

Mau gems gratis Clash of Clans?
Klik disini buat pelajari cara dapetin gems Clash of Clans GRATIS!

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Meningkatkan Performa Galaxy S3 dengan Factory Reset"

Post a Comment