Penyebab Android Cepat Panas


Bagi sebagian besar penguna smartphone android, tentu sudah pernah mengalami masalah yang satu ini, yoyoy perangkat kita menjadi terlalu panas atau overheat.
Sebenarnya yang menjadikan android kita panas bukan karena android kita sedang meriang alias merindukan kasih sayang tetapi di sebabkan oleh pemakaian energi batre oleh perangkat kita yang berlebihan.
hal ini merupakan hal yang biasa terjadi pada setiap smartphone, jadi jangan dulu panik bila  menemukan android kita yang terasa panas saat digunakan.
nah sekarang lebih baik kita kenali beberapa penyebab yang membuat smartphone android kita menjadi cepat panas.


1. Sinyal Yang Buruk

Wah emangnya sinyal yang buruk bisa membuat android kita cepat panas?
Tentu bisa sobat, coba aja bawa android ente camping di gunung atau pake di ruangan yang tertutup rapat, pasti handphone kita akan cepat panas dikarenakan sinyal yang naik turun.
dengan sulitnya android kita mendapatkan atau menstabilkan sinyal akan membuat os android kita secara terus menerus berjuang untuk memindai sinyal yang ada, tentu saja untuk melakukan hal ini membutuhkan energi batre dan seperti yang ane katakan di atas, bila anergi batre digunakan secara berlebihan akan membuat batre dan perangkat kita jadi mudah panas.
 Cara mengatasinya cukup mudah kok, cukup dengan mengaktifkan mode pesawat atau flight mode dan android kita akan berhenti mencari sinyal.

2.Kondisi Lingkungan

Seperti poin pertama kondisi lingkungan tempat kita menggunakan android dapat membuatnya menjadi mudah panas.
misalkan ente menggunakan android ente di luar ruangan saat cuaca sedang panas atau di dalam ruangan yang sirkulasi udaranya minim, tentu hal ini dapat mempengaruhi suhu pada android ente.
jadi usahakan hanya gunakan smartphone kita di lingkungan yang friendly aja, ohh satu lagi coy! Coba jauhkan smartphone kita dari alat-alat elektronik lainnya yang juga dapat menghasilkan panas seperti komputer, laptop apalagi kompor, eh kompor barang elektronik kah?

3.Panas Saat di Charge

Nah ini dia yang paling sering ane alamin, panas saat di charge!
ada 2 penyebab kenapa android kita jadi mudah panas saat di charge. Yang pertama adalah charger yang tidak cocok dengan perangkat kita, hal ini di sebabkan setiap charger memiliki kemampuan yang berbeda-beda saat mengirimkan listrik pada perangkat kita, contohnya bila kemampuan charger mengirimkan listriknya kecil waktu pengisian batre pun akan sangat lama, dan jika listrik yang di kirimkan terlalu besar akan membuat batre kita menjadi panas.
jadi sebaiknya hindari penggunaan charger yang berbeda merk pada hp kita walaupun memiliki lubang pengisian yang sama.
dan kedua yang membuat android menjadi panas saat di charge adalah menjalankan banyak aplikasi pada saat di charge dengan kata lain kita mainin hp sambil di charge, so sebaiknya saat di charge biarkan dulu lah si android ini beristirahat dengan tidak menyentuhnya.

4. Terlalu Lama Main Game

Kalau yang ini udah pada tau dong, tentu aja terlalu lama main game membuat android menjadi panas karena konsumsi batre yang berlebihan, apalagi bila game yang kita mainkan berkualitas HD atau game online pasti lah cepet banget suhu hp kita naik.
yaaa mau gimana lagi dong broh kalau udah kecanduan maen game jangankan hp jadi panas, mata mulai panas juga bisa di abaikan kalo udah kesengsem sama yang namanya main game! Apalagi kalau main Clash of Clans bisa-bisa sama anak istri juga lupa!

5. Terlalu Banyak Aplikasi yang Berjalan

Terlalu banyak menggunakan aplikasi yang berjalan tidak hanya membuat hp kita menjadi cepat panas tetapi juga dapat membuat Android menjadi lemot. Hal ini di sebabkan CPU pada android kita bekerja keras menjalankan semua aplikasi secara bersamaan.
Jangan sampai kita membiarkan aplikasi background tetap berjalan tanpa menutupnya, karena kalau android kita udah kewalahan bisa-bisa nanti hp kita akan restart sendiri.

6.Kondisi Batre

Usahakan kondisi batre kita tetap dalam keadaan yang sehat, jangan sampai batre yang udah hamil alias kembung masih di pake karena bisa jadi di sini masalahnya kenapa android jadi mudah panas.
selain itu sering-seringlah cek batre pada perangkat kita, takutnya batre yang kita gunakan mengalami kebocoran karena dapat membuat hp kita matot alias mati tottal, jadi bukan hanya kondom yang berbahaya jika bocor! Eeeeeehhh maaf!
untuk lebih jelasnya seputar batre android silahkan baca di sini

Oke mungkin hanya itu beberapa penyebab yang bisa membuat android kita jadi cepat panas.
semoga bermanfaat akhir kata ane ucapkan terimakasih!

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Penyebab Android Cepat Panas"

Post a Comment