Cara Main PS1 di Android


Bagi para gamer yang udah pada uzur pasti kenal nih sama PS 1 atau Playstation! Yup konsol tua ini mungkin sudah harus masuk musium, tapi banyak sekali game-game ps1 yang masih ane mainkan sampai saat ini, yaah hanya untuk bernostalgia dengan old games lah.



Mungkin kepopuleran Playstation di indonesia tidak sepopuler tahun 2000an dulu tapi ternyata sekarang pun masih banyak juga loh peminat game-game ps1 selain ane. Apalagi sekarang smartphone android pun dapat memainkan game-game ps1 dengan menggunakan emulator.
Di sini ane akan jelasin cara-cara buat install emulator ps1 di android, so bagi yang ingin bernostalgia dengan ps1 here we go!


Pertama-tama yang kita perlukan adalah emulatornya, ente bisa download emulator fpse di playstore tapi sayang sekali jika kita download di playstore harus bayar, so jika mau yang gratis lebih baik download .apk filenya saja Di sini.
setelah berhasil di download kemudian extract file .apk emulator tadi. Sekarang yang kamu perlukan adalah bios untuk emulator yang telah di extract tadi, untuk mendownload biosnya silahkan download Di sini, file bios tersebut akan bernama SCPH1001.BIN.
perlu di ingat peran bios sangatlah penting bagi emulator pada android kita, jika kita tidak memasangkan bios pada emulator maka emulator tersebut tidak dapat menjalankan game.

Untuk memsangkan biosnya cukup dengan buka atau run emulator yang telah di extract tadi kemudian masuk ke system.

Setelah masuk ke system kemudian masukan bios atau SCPH1001.BIN tadi ke dalam Bios Loading seperti ini...

Sekarang emulator sudah siap di mainkan. tapi tunggu dulu, tentu permainan kita harus di save bukan? nah di sini kamu gak perlu pake Memory card buat ngesave permainan kamu. caranya seperti ini, setelah selesai memasang bios jangan dulu keluar dari menu system langsung aja sentuh memory card 1 atau 2 buat nyimpen data permainan kita kemudian pilihlah folder dimana file permainan kita akan di simpan. Oh ya savestates kegunaan nya sama kaya memory card, namun saveatates memungkinkan kita untuk melakukan save kapan saja. Setelah semua beres kemudian simpan penganturan di atas dalam Default config save.

Keluarlah dari System dan masuk ke dalam Input lalu pilih Touch screen untuk mengatur pad atau tombol-tombol kontrol.
 

Dan selesai lah semua pengaturan di fpse. Sekarang ente tinggal download game ps1 yang akan di mainkan, banyak situs yang menyediakan download gratis game ps1, kaya situs emuparadis namun ukuran game-game ini cukup besar, jadi ane saranin downloadnya pake wifi aja biar hemat kuota internet.
fpse emulator suport game game dengan jenis file iso,img,nrg dan bin file.



Setelah berhasil di extarct sekarang kembalilah ke dalam emulator dan mainkan game tersebut!

 
 
 

Beberepa game setelah di extract akan berjenis .Cue file, contohnya Final fantasi.cue. nah jenis file kayak gini gak bisa di baca sama emulator dan untuk mengatasinya cukup extract sekali lagi file .cue tadi sampai berubah menjadi .iso atau .bin.

Gimana? Cukup mudah kan.
okeh untuk perhatiannya ane ucapkan terima kasih selamat mencoba dan good luck!

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Cara Main PS1 di Android"

Post a Comment