Seberapa Pentingkah Wall di CoC






Jika di tanya seberapa penting sih Wall dalam Clash of Clans, maka jawabanya tergantung dengan gaya permainan kita masing-masing, namun menurut ane Wall cukup penting dan tidak akan di biarkan tanpa di upgrade. Mungkin di awal-awal permainan Wall tidak terlalu berguna apa lagi pada saat kamu di TH level 6 atau 7 yang kebanyakan musuh kita akan menyerang menggunakan Balloon dan Dragon, namun jangan salah! jika kamu sudah berada di TH 8 kebanyakan musuh akan menyerang menggunakan Gowipe yang mampu meratakan TH 8 dengan mudah!
Alasan beberapa orang malas untuk mengupgrade Wall adalah karena harganya yang terlalu mahal dan juga jumlah wall yang terlalu banyak.Tapi menurut ane peran Wall sangat lah penting jika kamu ingin bermain Clash of Clans dalam jangka panjang.
Jika kita dapat memaksimalkan Layout pada base yang kita miliki, kita mampu membuat Wall sebagai pertahanan yang sulit di tembus, namun perlu di ingat bahwa kegunaan wall hanya untuk menghambat laju pasukan darat yang menyerang jadi jika musuh menggunakan angkatan udara maka seberapa kuat apapun wall kita tetap saja musuh dapat dengan mudah melakukan penyerangan.
di sini ane akan memberikan beberapa tips untuk memaksimalkan fungsi wall dalam base kita.

hal yang pertama adalah jangan pernah membuat layout base persegi empat yang hanya mengandalkan 1 baris wall sebagai pertahanan utama seperti ini...




jika base kamu seperti ini maka dengan berat hati ane harus mengatakan bahwa base seperti itu adalah base yang mudah untuk di serang! dengan hanya mengandalkan 1 baris wall di luar dan menfokuskan semua pertahanan serta bangunan lain di dalam wall tersebut kita hanya membutuhkan 2 atau 3 Wall Breaker untuk menyerang di satu sisi dan mengerahkan pasukan yang menyerang defense seperti giant untuk menghancurkan defense yang tidak terlindungi oleh wall. Memang dengan cara seperti itu kita mampu melindungi seluruh bangunan dari serangan musuh, namun jika tembok kita sudah tertembus maka laju pasukan musuh tidak akan terhambat oleh apapun dan dapat dengan mudah menghancurkan bangunan kita.
Namun jika kamu tetap merasa layout seperti itu kuat its ok lah, cuman ane mau nyaranin agar melindungi kembali defense building dengan mengelilinginya kembali dengan wall agar saat musuh berhasil menghancurkan tembok kita, mereka akan tetap mengalami kesulitan pada saat akan menyerang bangunan defense.
Selanjutnya hal yang jangan pernah kamu lakukan adalah menempatkan wall dua baris secara berdekatan seperti ini...



wall berlapis seperti itu mungkin dapat menghambat laju prajurit reguler seperti barbarian, tetapi Wall Breaker dapat dengan mudah menghancurkan 2 baris wall yang berdekatn secara sekaligus! selain itu Hog Raider masih bisa melompati posisi wall yang seperti di atas. Sebaiknya posisikan wall agak berjauhan satu sama lain karena ancaman utama wall yaitu wall breaker memiliki splash damage yang sangat tinggi terhadap wall.
Pada beberapa waktu lalu Wall breaker dapat dengan mudah di bodohi dengan cara membuat tembok umpan atau bahasa kerennya Decoy spike seperti ini
Wall Breaker akan langsung meledakan diri mereka terhadap wall yang berada paling dekat, namun sekarang strategi seperti itu tidak berfungsi lagi karena sekarang WB sudah agak cerdas dan hanya akan mnyerang tembok yang mempunyai bangunan di belakang nya. namun jangan khawatir WB masih bisa di kelabui kok! untuk mengecoh WB sekarang kita memerlukan strategi baru yaitu dengan cara menggunakan Buffer building yang artinya melindungi bangunan yang kurang penting dengan wall agar Wall breaker menyerang tembok yang melindungi bangunan tersebut, sehinnga mereka tidak menyerang tembok yang melindungi bangunan defense atau bangunan penting lainnya.
seperti ini bro contohnya
Selain untuk mengecoh Wall breaker, Buffer building juga dapat memperlambat prajurit seperti Archer ataupun Wizards yang memiliki ranged attack. berhubung 2 prajurit tersebut tidak memiliki target yang spesifik jadi merekan akan melakukan penyerangan terhadap bangunan buffer yang kita pasang sebelum berpindah pada defense yang berada di belakang,yaah cukup memberi waktu lah pada pertahan kita untuk menumbangkan mereka.

Saran terakhir dari ane adalah jangan pernah upgrade Town Hall sebelum semua bangunan termasuk Wall mentok tidak bisa di upgrade lagi, jika kita mengupgrade TH tanpa memperdulikan bangunan lain akan berdampak buruk bagi masa depan base kita! selain akan membuat banyak PR upgrade yang menumpuk, kita juga akan menemukan lawan yang lebih sulit sehingga membuat kita bosan dan ogah untuk terus bermain. Ane pribadi sudah mentok semua bangunan untuk mengupgrade TH ke level 9, namun berhubung masih banyak yang belum selesai jadi lebih baik tunggu saja sampai semua tembok mentok di upgrade.

oke cukup sekian info sekitar wall yang mampu ane bahas, semoga bermanfaat dan CLASH ON BROTHER!!!



Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Seberapa Pentingkah Wall di CoC"

Post a Comment