Bangunan Pertahanan Clash of Clans (Part 1)






Memiliki pertahanan yang kuat dalam game Clash of Clans adalah sesuatu yang wajib bagi setiap player karena dapat melindungi harta maupun trophy yang telah kita kumpulkan. Memiliki posisi desa dengan Layout yang kuat merupakan strategi setiap pemain untuk menahan segala jenis serangan musuh, namun memiliki layout yang kuat tanpa di sertai dengan bangunan pertahanan yang ajib akan membuat layout kita menjadi lemah, oleh sebab itu kita harus sering-sering mengupgrade mereka.
setiap bangunan pertahanan atau b.inggrisnya defensive building memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing, tugas kita adalah memaksimalkan kekuatan mereka dan sekecil mungkin menutupi kelemahan yang di miliki setiap defensive building.
Untuk itu mari sekarang kita kupas lebih dalam tentang bangunan-bangunan pertahanan yang ada dalam game clash of clans ini!
Ada 9 jenis bangunan pertahanan berbeda yang dapat kita akses dari waktu ke waktu, untuk yang pertama mari kita mulai dengan pertahanan yang paling dasar yaitu...

1. Cannon
Cannon atau meriam adalah bangunan pertama yang dapat kita akses, selain murah dan cepat untuk di upgrade senjata ini juga memiliki kecepatan serangan tinggi dan damage yang cukup lumayan namun, kelemahan yang paling menonjol dari Cannon adalah mereka tidak bisa menyerang pada pasukan udara. Cannon sangat cocok sebagai 1st line defense atau di simpan di garis depan untuk melindungi tembok dari 
Wall Breaker maupun Giant, namun karena mereka tidak bisa menyerang ke udara pastikan di dampingi oleh pertahanan yang dapat menyerang ke udara seperti Archer Tower ataupun Wizard Tower.
Prajurit yang cocok untuk menghancurkan cannon adalah segerombol Troop Tier 1 seperti Barbarian, Archer dan Goblin karena cannon hanya dapat menyerang mereka satu per satu dan semua jenis pasukan udara dapat menghancurkan cannon dengan mudah.

2. Archer Tower
Nah kalo yang ini adalah pertahanan pertama yang bisa menyerang angkatan udara maupun angkatan darat. Archer tower memiliki kecepatan serang yang tinggi seperti Cannon, namun damage yang di hasilkan archer tower tidaklah terlalu besar. Yang cukup membuat archer tower menjadi primadona pertahanan adalah jarak tembak archer yang sangat luas di banding defensive building lain.
penempatan posisi archer tower sebaiknya saling berjauhan antara satu archer tower dengan archer tower lainnya hal ini di maksudkan untuk melindungi seluruh bangunan dan memberikan tembakan bantuan bagi defensive building seperti Cannon.
untuk dapat menghancurkan Archer Tower, menggunakan Barcher dalam jumlah banyak juga bisa, namun sedikit lebih sulit di bandingkan saat kita menghancurkan Cannon dan angkatan udara seperti ballon dan minion dapat dengan mudah di jatuhkan oleh archer tower. artelnatif lain adalah dengan menggunakan prajurit yang memiliki nyawa tinggi seperti giant kemudian di ikuti oleh archer atau wizard, pertama luncurkan Giant terlebih dahulu agar perhatian archer tower terfokus padannya kemudia bantu Giant oleh archer dan Wizards. Dengan strategi seperti itu kita dapat dengan mudah menghancurkan Archer Tower.

3. Mortar
 Mortar adalah pertahanan berat yang mampu menghancurkan prajurit Tier 1 dengan sangat mudah! Mortar menyerang dengan cara meluncurkan projektil ke udara dan saat projektil itu mengenai target maka terciptalah spalsh damage yang dapat melukai prajurit di sekitar. Mortar memiliki nyawa dan damage yang tinggi tetapi kecepatan menyerang mereka sangat lambat! mortar hanya dapat menyerang sekitar 5 detik sekali, maka dari itu mortar harus di lindungi oleh pertahanan lain.
penempatan mortar harus lah berada di pusat markas kita atau setidaknya di kelilingi oleh Wall karena mortar memiliki titik buta yaitu sekitar 4 tile, hal ini membuat mortar tidak dapat menyerang prajurit seperti Giant dan barbarian saat mereka berdekatan dengan mortar. untuk itu tetap lindungi mortar dengan tembok dan defensive building seperti Wizard Tower.
Sama sperti Cannon, bangunan pertahanan ini tidak bisa menyerang ke udara dan cukup dengan menggunakan barbarian, mortar bisa menjadi sangat tidak berdaya! namun jangan pernah coba menyerang mortar dengan hanya menggunakan archer ataupun Wizards! karena mortar masih bisa melakukan serangan balik pada mereka.

4. Wizard Tower
 Sama seperti mortar, Wizard tower memiliki spalsh damage namun kecepatan serangnya lebih cepat bila di bandingkan mortar. Wizard Tower sangat bagus untuk membasmi barcher, goblin dan minion dengan hanya beberpa kali serangan saja, namun untuk mengalahkan prajurit dengan nyawa yang lebih banyak akan menjadi masalah bagi wizard tower hal ini di karenakan meskipun wizard tower mampu menyerang dengan cepat tapi damage yang di hasilkan tidaklah terlalu besar.
Posisi yang sempurna untuk menempatkan Wizard Tower adalah di dekat TH atau pun berada di sekitar storage agar dapat membunuh semua goblin yang berusaha mencuri harta kita, selain itu jika di pasangkan dengan mortar maka kita akan menciptakan kombinasi yang sempurna karena dua defensive building ini akan saling melindungi.
Cukup sulit untuk mengalahkan wizard tower meskipun mereka memiliki daya serang yang pendek dan meskipun kita membawa prajurit yang banyak, tanpa strategi yang baik maka wizard tower dapat menghabisi prajurit kita sekaligus! Strategi yang di butuhkan untuk membasmi wizard tower adalah dengan mengumpankan prajurit yang memiliki nyawa tinggi terlebih dahuli contohnya Giant, kemudian luncurkan archer atau wizard ( untuk lebih cepat ) sebagai penghancurnya. Namun jika kita hanya membawa satu jenis prajurit akan sedikit sulit tapi masih bisa kita atasi dengan cara meluncurkan prajurit kita secara melingkar dan jangan pernah meluncurkannya di satu titik secara bersamaan.


untuk bagian dua silahkan klik Di Sini

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Bangunan Pertahanan Clash of Clans (Part 1)"

Post a Comment