Bangunan Pertahanan Clash of Clans (Part 2)


Baiklah Chief, Kemarin kita sudah ngebahas tentang beberapa defensive bulding, mulai dari kelebihan dan kelemahannya. Sekarang kita langsung aja mulai part 2 ini oke!

1. Air Defense
Kita mulai bisa mulai membangun Air defense pada saat Town Hall kita menginjak level 8 dan waktu pembuatannya pun cukup lama. Air defense hanya mampu menyerang ke udara dengan damage yang sangat tinggi bahkan pada Dragon sekalipun, mereka sangat tidak berdaya terhadap pasukan darat jadi usahakan agar mereka selalu terlindungi dari pasukan darat musuh yang menyerang.
posisi penempatan Air defense yang cocok adalah di pusat markas kita, namun kita harus tetap menyimpannya dekat dengan bangunan pertahanan lain. cukup lindungi mereka dengan di kelilingi tembok dan di jaga oleh Cannon maka air defense kita akan baik-baik saja. Karena Air defense hanya dapat menyerang musuh satu per satu jadi menyimpan Air bomb di dekat mereka merupakan ide yang bagus untuk mngagalkan serbuan Minion.
Cukup sulit untuk menghancurkan air defense jika di tempatkan di tengah markas, apa lagi jika kita menyerang menggunakan Dragon. dan perlu di ingat bahwa Air defense memiliki nyawa yang sangat tinggi! butuh 3 Lightning spell lv 4 untuk menghancurkan Air defense lv 5 dan 6. untuk menghancurkan mereka kita harus menggunakan pasukan darat terlebih dahulu sebelum melepaskan angkatan udara kita, namun cara ini cukup sulit jika air defense musuh kita berada di tengah-tengah base. cara lain yang cukup mdah namun beresiko adalah dengan menggunakan Minnion dan hati-hati terhadap air bomb.

2. Hidden Tesla
Hidden Tesla merupakan hybrid antara trap dan defensive building. ya kita tidak dapat melihat Hidden tesla musuh sampai prajurit kita mendekati mereka atau saat Tottal destruction mencapai 51% Hidden tesla akan muncul dengan sendirinya. Hidden Tesla memiliki damage yang cukup lumayan dan dapat melakukan doubel damage terhadap P.E.K.K.A, jarak serang Hidden tela cukup pendek seperti wizard tower! mereka hanya mampu menyerang musuh dari jarak 7 tile.
Berbeda dari defensive building lain, hidden tesla hanya membutuhkan ruang sebesar 2x2 jadi mereka bisa di tempatkan di mana saja. Jika layout base kita adalah tipe farming maka menyimpan semua Hidden tesla dekat dengan townhall adalah ide  cemerlang! musuh akan mengira bahwa TH kita tidak terlindungi sama sekali dan saat mereka meluncurkan prajurit yang lemah hanya untuk menghancurkan TH..."Surprise!!!!" Hidden tesla akan membasmi mereka semua.
Menghancurkan Hidden tesla itu gampang-gampang susah tergantung di mana mereka di tempatkan. hal yang pertama adalah kita harus mengetahui di mana Hidden tesla di simpan, jika di perhatikan maka akan ada beberpa tempat di markas yang akan kita serang berupa ruang kosong sebesar 2x2, ini bisa jadi tempat di mana Hidden tesla berada atau tempat di simpannya Giant bomb, so hati-hati terhadap ruang kosong ini. untuk gampangnya kita bisa gunakan XMOD untuk mengetahui posisi Hidden tesla. setelah mengetahui posisi mereka, menghancurkannya dengan Giant dan beberapa archer adalah cara yang cukup baik, namun jika Hidden teslanya berlevel tinggi maka kita ganti archer dengan wizard.

3. Air Sweeper
Si peniup angin ini adalah defensive building paling baru di Clash of Clans yang mulai bisa di bangun pada saat TH 6, dan tidak seperti yang lain Air sweeper sama sekali tidak menghasilkan damage apapun! mereka hanya bisa meniupkan angin yang membuat pasukan udara terhempas mundur beberapa tile.
Penempatan yang cocok untuk Air sweeper adalah dekat dengan TH atau Storage, namun jika Air sweeper dimaksudkan untuk menahan Balloon maka tempatkan mereka dekat dengan defensive building yang lain, dan perlu di ingat bahwa air sweeper hanya mampu menyerang satu arah saja! mereka tidak bisa memutar ke arah lain jadi pastikan bagian belakang mereka di lindungi oleh Trap atau defensive building lain.
Jangan pernah mencoba menghancurkan air sweeper menggunakan pasukan udara apa lagi balloon, pasukan udara tetap bisa menghancurkan mereka asalkan menyerang air sweeper dari belakang dan jika kita menyerangnya dari arah moncong air sweeper, maka akan memakan waktu yang cukup lama karena prajurit udara kita akan berkali-kali di paksa mundur. untuk lebih cepatnya air sweeper max level dapat di hancurkan oleh 3 Lightning spell level 3.

4. X-Bow
Sebenarnya sih ane belum punya defensive Building yang ini, Tapi mari kita ambil saja beberapa info tentang X-bow yang ane kumpulkan dari Google. X-Bow bagaikan Machine gun di dunia Clash of Clans! mereka mampu menembakan pelurunya dengan cepat,pengalaman pribadi ane saat menyerang X-Bow mereka mampu membunuh P.E.K.K.A ataupun Golem dengan cepat. X-Bow bisa di atur untuk menyerang angkatan darat saja dengan jarak tembak yang panjang atau di atur untuk menyerang angkatan udara dan angkatan darat dengan jarak tembak yang lumayan, setelah menembakan peluru-pelurunya maka x-bow perlu di isi ulang kembali dengan menggunakan elixir.
Penempatan X-Bow yang sempurna adalah di tengah-tengah base kita, hal ini di karenakan X-Bow memiliki jarak tembak yang cukup panjang sehingga mereka mampu melindungi seluruh markas. Jangan pernah lupa untuk mengisi ulang X-Bow krena mereka tidak mampu menyerang jika peluru elixirnya sudah habis! selain itu X-Bow yang kosong akan terlihat oleh musuh yang akan menyerang kita sehingga mereka makin berani untuk melakukan serangan jika X-Bow terlihat kosong.
Cukup sulit untuk menghancurkan X-Bow karena mereka memiliki damage yang cepat dan nyawa yang tinggi, tapi jika kita sedikit lebih teliti kita akan tahu mana X-Bow kosong atau yang memiliki sedikit peluru. trdapat kotak kecil yang berisi peluru di dekat X-bow dan jika kotak itu berisi sedikit elixir maka peluru x-bow tersebut hampir habis. Cobalah gunakan prajurit kuat seperti P.E.K.K.A atau Golem yang di dampingi beberapa wizard untuk menghancurkan X-Bow, namun jika X-Bow yang kita serang hanya menargetkan pasukan darat maka pasukan udara kita dapat dengan mudah menghancurkan X-Bow.
Kita akan mendapatkan Achievment bernama "X-Bow Exterminator" jika menghancurkan X-Bow dalam jumlah tertentu.

5. Inferno Tower
Dan inilah dia defensive building terakhir dan paling kuat yang dapat kita temukan, Inferno Tower!!!
Inferno tower menembakan api yang terlihat seperti laser pada prajurit yang berada di dekat mereka, defensive building ini dapat di atur untuk menyerang single target ataupun multiple target. Single target berguna untuk menghancurkan prajurit dengan nyawa yang tinggi sedangkan multiple target akan mencegah prajurit dalam jumlah yang banyak. Sama seperti X-Bow, inferno tower harus di isi ulang tapi mereka menggunakan dark elixir sebagai bahan bakar.
Karena Inferno Tower adalah pertahanan yang kuat, jadi tempatkan mereka di dekat bangunan yang penting seperti TH atau storage, namun jangan simpan anatara satu Inferno tower dengan yang lainnya terlalu berdekatan karena 1 Freeze spell dapat membuat mereka nonaktif secara bersamaan.
Inferno tower dengan single target dapat dengan mudah menumbangkan Hero, P.E.K.K.A dan Golem dengan sangat cepat! dan damage yang di berikan akan meningkat secara terus menerus, jadi semakin lama dia fokus terhadap 1 target semakin tinggi damage yang di hasilkan.
Inferno tower dengan multiple target mampu menghancurkan troop tier 1 seperti barcher dalam jumlah banyak, namun damage inferno tower dalam multiple target tidak akan naik ataupun turun meskipun mereka terus melakukan serangan.
Sebelum menyerang Inferno tower kita harus lebih dulu tahu apakah Inferno tower dalam mode single target atau multiple target. Jika dalam single target maka jangan pernah meluncurkan troop dengan nyawa tinggi di dekat mereka! cobalah hancurkan dengan menggunakan barcher atau Minion dalam jumlah yang banyak, hal ini akan membuat inferno kewalahan karena mereka hanya dapat melakukan serangan pada prajurit kita satu per satu. Multiple target Inferno mampu di hancurkan oleh prajurit dengan nyawa yang tinggi namun akan menjadi masalah pad prajurit lemah yang ada di sekitarnya dan jangan pernah menggunakan Healing spell ataupun healer pada prajurit yang sedang menyerang inferno tower! percuma saja semua  healing tidak akan berfungsi jika prajurit kita sedang di serang inferno tower! jka ingin menggunakan spell cobalah dengan menggunakan Rage spell intuk mempercepat penghancuran Inferno tower. Menggunakan lightning spell untuk menghancurkan Inferno tower tidak lah di anjurkan karena nyawa mereka sangatlah tinggi.
Achievment yang akan kita dapatkan jika menghancurkan Inferno tower dalam jumlah tertentu adalah "Firefighter".

fiiiuhhh akhirnya kita selesai juga membahas 9 defensive building yang ada di clash of clans ini. intinya setiap defensive building memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing, namun dengan strategi dan taktik yang cemerlang maka kita mampu membuat mereka menjadi sangat mematikan. oke sampai ketemu lagi dan CLASH ON!!!

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Bangunan Pertahanan Clash of Clans (Part 2)"

Post a Comment