Penyebab Android yang Restart Sendiri



Tentu tau dong kalau yang pernah punya masalah hp restart sendiri rasanya gimana?
yup its suck jengkel banget dah, kita lagi enak-enak chatting atau maen game eh tiba-tiba hp restart sendiri what the fuck!!!
Pengalaman pribadi sih, dan setelah di utak atik serta cari solusinya di internet ternyata ada beberapa hal yang mengakibatkan hp sering restart dengan sendirinya.
Langsung aja ya mari kita bahas, apa saja sih yang mengakibatkan masalah kayak gini?


Penyebab Android sering Restart

1.Kerusakan pada Hardware

Kerusakan pada hardware dapat menyebabkan hp kita restart dengan sendirinya, kerusakan pada hardware bisa terjadi karena pemasangan aplikasi yang tidak sesuai dengan perangkat, terjadi masalah pada saat root, kartu memori yang rusak atau menurunya performa android karena sudah tua.

2.Aplikasi yang Tidak Kompatibel

Yup seperti poin yang pertama, pemasangan aplikasi yang tidak sesuai dengan ponsel kita dapat menyebabkan berbagai gangguan diantaranya adalah restart dengan sendirinya. Sebenarnya sih bukan hanya pada hp android aja terjadi force restart bila aplikasi yang terinstall tidak sesuai dengan hp kita, bahkan hp ane yang Nokia c3 pun mengalami hal yang sama pada saat ane install aplikasi yang gak kompatibel.
so lebih baik install aplikasi yang mampu di jalankan perangkat kita aja ya, dan satu lagi hati-hati download aplikasi yang ada selain di playstore.

3.Aplikasi yang Tidak Di Update

Kembali lagi ke aplikasi. Ini pernah ane alamin ama aplikasi BBM android ane yang setaun kagak di update, soalnya ane lupa buat ngaktifin pemberitahuan kalau ada versi terbarunya (Maklum lah manusia tempatnya lupa).
Dan setiap ane buka bbm langsung terjadi force restart, sempat bingung juga sih terus pas ane cekidot di playstore ternyata bbm ane sudah kadaluarsa!
itulah sebabnya kita harus sering update aplikasi di android kita, karena aplikasi yang susdah usang dapat menimbulkan masalah juga.

4.CPU dan RAM Overload




peran CPU dan RAM sangatlah penting pada perangkat kita dan jika kapasitas mereka melebihi batas atau overload tentu akan terjadi masalah di antarnya adalah restart dengan sendirinya.
telalu banyak aplikasi yang terinstall terutama pada memori telpon dapat membuat CPU kewalahan, dan RAM akan menjadi overload jika aplikasi yang di jalankan terlalu banyak secara sekaligus atau menumpuknya sampah cache pada perangkat kita.
solusinya adalah hanya install aplikasi pada memori external atau hapus aplikasi yang udah gak kepakai terus rajin rajin deh bersihin sampah bekas internetan atau cache kita, kalo mau cepet pake aplikasi cleaner aja yang tersedia di playstore.
multitasking android memang enak bro tapi kita harus perhatiin kemampuan perangkat kita juga ya.

5.Perangkat Overheating atau Terlalu Panas

Bukan cuma restart dengan sendiri doang bahkan bisa-bisa meledak bila perangkat kita terlalu panas!
jadi hindari pemakain android kita pada saat cuaca panas atau menjalankan semua aplikasi pada saat charge, ini serius loh bro waktu ane charge hp ane sambil maen game, dengerin musik, dan semua web browser jalan buat ngedownload, tiba-tiba ada peringatan bahwa suhu perangkat ane mencapai 43°c lalu dengan sendirinya hp restart! Sempet kaget juga sih takut meledak gitu.
bila perangkat kita terlalu panas langsung aja matiin dan cabut batre ama kartu sd ente dari hp selama beberapa menit.

Well mungkin cukup sampai di sini aja kemesraan kita ngebahas soal penyebab android yang sering restart.
share if useful dan stay awesome bro!

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Penyebab Android yang Restart Sendiri"

Post a Comment